Ketika Anda berhasil meraih “hati” pelanggan, mereka akan bersedia dengan sukarela “berkorban” untuk Anda

Rabu, 23 Maret 2011

TIPS MENGENAL KARAKTERISTIK ORANG


Untuk memahami karakteristk orang lain, Anda tidak perlu kuliah dulu di Jurusan Psikologi karena pada dasarnya setiap orang  bisa dengan mudah mengenali karakteristik orang lain.

Tips sederhana untuk mengenal karakteristik orang lain adalah:
  • ·         Dari Cara Berpakaian
  • ·         Dari Cara Berjabat Tangan
  • ·         Dari Cara Berbicara
  • ·         Dari Meja Kerjanya atau Kamarnya
  • ·         Karakteristik Umum

Gampang kan? Secara umum pada saat kesan pertama (first impression) setiap orang akan melihat orang lain dengan menyapu pandangannya membentuk angka 8 dari ujung rambut sampai ujung kaki secara cepat. Dan kemudian baru memperhatikan cara bicara dan juga perilakunya.


Di sini kita akan mempelajari 4 (empat) Tipologi Karakteristik Manusia dan Cara Menghadapinya.

1.       TIPE CHOLERIC

DARI CARA BERPAKAIAN
Bila Anda menemui orang yang berpakaian rapi dan formal, cenderung suka memakai kemeja dengan rapi dan celana kain, dengan pilihan warna yang konservatif seperti hitam, putih, dan abu-abu atau krem, ini adalah ciri tipe choleric.

DARI CARA BERJABAT TANGAN
Ketika Anda menjabat tangannya, tipe ini akan membalas dengan jabat tangan yang kuat dan mantap dengan tatapan mata tajam kearah mata Anda.

DARI CARA BICARA
Anda perlu memperhatikan intonasi dan volume suaranya. Serta gerak-gerik bahasa tubuhnya saat berbicara.
Setelah menjabat tangan Anda dengan kuat dan mantap serta tatapan mata yang tajam, perhatikan cara bicaranya. Bila menunjukkan ciri-ciri berikut maka dia cenderung bertipe Choleric. Intonasinya mantap dan tegas, volume suara cenderung keras dan cepat. Bahasa tubuh yang menyertai biasanya yang bersangkutan berusaha menampilkan wibawanya dan juga mendominasi lawan bicara. Tipe ini tidak suka basa-basi sehingga to the point atau langsung ke pokok pembicaraan serta berusaha untuk mendominasi pembicaraan. Kata Kuncinya: TEGAS & MANTAB

DARI RUANG KERJA ATAU KAMAR
Ruang kerja tipe choleric tertata rapi, meja kerja luas, dan ada penghargaan yang dipasang seperti piagam, plakat, ataupun foto. Ada Jam. Warna ruang didominasi warna-warna konservatif seperti hitam, putih, warna kayu. Begitu juga dengan kamar tidurnya, cenderung rapi dengan perabot yang besar dengan warna-warna konservatif. Tanpa banyak pajangan atau pernak-pernik.

2.       TIPE SANGUINE

DARI CARA BERPAKAIAN
Tipe Sanguine adalah tipe yang ingin menjadi pusat perhatian dan ini pun tampak dari cara berpakaianya yang warna-warni dengan berbagai corak dan model. Warna-warna yang dipakai cerah seperti merah, kuning, biru, maupun hijau dengan motif dan model yang ceria misalnya bunga-bunga. Tipe ini juga suka menggunakan accessories yang cocok dengan pakaiannya.

DARI CARA BERJABAT TANGAN
Jabat tangannya mantap dan disertai dengan ekspresi wajah yang antusias dan ceria, biasanya tangan kirinya akan menepuk-nepuk lengan atau bahu Anda atau bahkan memeluk Anda bila sudah akrab.

DARI CARA BICARA
Ketika Anda datang ke suatu pesta dan Anda mendapati ada seseorang yang sedang bicara atau bercerita dan dikerumuni banyak orang dan menjadi pusat perhatian, maka dia memiliki ciri-ciri Sanguine. Jadi bila Anda menemui orang dengan gaya bicara yang antusias, semangat, intonasi ringan dan ceria dengan volume suara keras dan bervariasi serta mimic muka yang sangat ekspresif dan banyak menggunakan gerakan tangan maupun tubuh. Tipe ini suka bercerita secara dramatis, spontan dan atraktif, karena yang bersangkutan berusaha menjadi pusat perhatian. Kata Kuncinya: GAUL & ATRAKTIF

DARI RUANG KERJA ATAU KAMAR
Ruang kerja atau kamar tidur tipe sanguine cenderung tidak rapi alias berantakan. Banyak tumpukan kertas. Plakat dan penghargaan-penghargaan tidak tertata dengan rapi. Banyak memajang foto diri atau foto-foto orang terkenal yang disukainya. Warna-warna yang digunakan cerah dan warna-warni.

3.       TIPE PHLEGMATIC

DARI CARA BERPAKAIAN
Tipe ini suka berpenampilan casual dan santai, yang membuatnya tidak menjadi pusat perhatian. Pakaian yang dipilih misalnya kaos dan jeans, kemeja lengan pendek atau kaos berkerah. Warna-warna yang dipilih soft dan tidak mencolok, seperti coklat muda, krem, p
utih, dan abu-abu, coraknya juga soft dan tidak mencolok.

DARI CARA BERJABAT TANGAN
Phlegmatic merupakan tipe yang hangat dan bersabahat, dan ini juga terlihat dari cara berjabat tangannya yang lembut dan hangat, tatapan mata hangat dan bersabahat, biasanya juga disertai sentuhan pada lengan dan bahu Anda.

DARI GAYA BICARA
Tipe ini lebih suka mendengarkan dibanding banyak bicara. Dan gaya bicaranya lembut, tenang dengan intonasi yang lambat serta volume suara yang pelan. Tipe ini lebih bersikap sederhana dan bersahabat dan tidak banyak memperlihatkan ekspresi. Kata kunci: TENANG dan LEMBUT

DARI RUANG KERJA ATAU KAMAR
Tipe Phlegmatic akan membuat ruang kerjanya seperti rumahnya sendiri dan akan menatanya sehingga serasa dirumah sendiri, misalnya dengan memasang foto keluarga atau foto-foto kenangan, souvenir-souvenir, juga tamanan yang di sukai. Warna yang dipakai cenderung lembut dan tidak mencolok. Untuk kamar tidur juga dibuatnya senyaman mungkin, ada foto keluarga, tata lampu yang membuatnya tenang, dan tetap tertata rapi dengan perabot yang simple.

4.       TIPE MELANCHOLIC

DARI CARA BERPAKAIAN
Ciri penampilan tipe ini adalah rapi dan konservatif serta formal. Tipe ini sangat memperhatikan lipatan pakaian sehingga diseterika dengan rapi dan licin. Tipe ini sangat menghindari perhatian sehingga akan memilih warna-warna yang konservatif, mirip dengan tipe choleric.

DARI CARA BERJABAT TANGAN
Tipe Melancholic saat berjabat tangan cenderung lemah dan ekspresinya datar, tatapan matanya ke arah bawah karena menghindari tatapan mata langsung dengan Anda.

DARI CARA BICARA
Tipe ini lebih suka berkomunikasi dengan tulisan dibanding secara lisan. Intonasinya datar dan kurang bervariasi. Volume suara lemah, dan kurang menunjukkan ekspresi wajah. Gaya bicaranya cenderung resmi dan serius fokus pada komunikasinya. Bicara monoton dan konstan serta lambat dengan volume suara rendah. Cenderung menghindari kontak mata dan bahasa tubuh terkontrol dan gerakannya lambat. Kata Kunci: SERIUS dan DATAR

DARI RUANG KERJA ATAU KAMAR
Tipe Melancholic merupakan tipe yang memiliki karakteristik perfeksionis dan artistik. Dan ini juga terlihat dari ruang kerjanya yang sangat tertata rapi, tumpukan kertas tersusun dengan rapi. Ruang kerja bersih dan rapi. Tipe ini juga cenderung suka dengan detail-detail yang artistik seperti memajang pernak-pernik seni, lukisan, dan juga plakat serta penghargaan dengan rapi. Kamar tidurnya juga tertata dengan rapi dan bersih. 
Selamat Mencoba..-dheni-

MENU